Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan: Apakah Kopi Baik Atau Buruk Untuk Anda?

manfaat kafein

Kami tahu Anda juga menyukainya. Itu sebabnya kau di sini, setelah semua. Tapi mungkin Anda bertanya-tanya apakah kopi baik untuk Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi mereka menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, tetapi yang lain telah menunjukkan bahwa kopi mungkin juga memiliki beberapa efek merugikan pada kesehatan kita.

Di sini, kita melihat kedua sisi argumen, dimulai dengan manfaat kesehatan mental, kemudian beralih ke fisik, sebelum kita melihat negatifnya.

Peningkatan Fungsi Otak

Kafein adalah stimulan yang terkenal. Kita semua pernah mengalami efek kafein dan itu adalah zat psikoaktif yang paling umum digunakan di dunia. Sementara kafein dapat ditemukan dalam berbagai minuman, itu ditemukan dalam bentuk yang paling terkonsentrasi dalam kopi, yang dapat mengandung hingga 300 mg kafein.

Kafein bekerja dengan menghalangi neurotransmiter adenosin , yang meningkatkan tidur dan mengurangi detak jantung. Hal ini memungkinkan aktivitas otak tubuh meningkat dan memungkinkan pelepasan neurotransmiter lain, seperti norepinefrin dan dopamin, yang meningkatkan detak jantung dan tekanan darah serta memicu pelepasan glukosa. Ini menciptakan perasaan lebih terjaga dan waspada dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kopi juga memberikan dorongan memori jangka pendek. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya satu cangkir kopi menyebabkan lonjakan fungsi otak, yang diukur dengan citra resonansi magnetik fungsional ketika sukarelawan melakukan tugas memori setelah mengonsumsi kopi.

Kopi Meningkatkan Suasana Hati Anda

Ketika dunia menjadi semakin sadar akan dampak kesehatan mental yang buruk, khususnya depresi, sebuah penelitian terhadap lebih dari 50.000 wanita selama sepuluh tahun menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20%.

Lebih penting lagi, analisis dari tiga penelitian lain yang ada menunjukkan bahwa minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari mengurangi risiko bunuh diri hingga lebih dari setengahnya.

Kopi juga tidak perlu mahal, ada banyak aksesoris dan alat pembuat kopi yang bisa Anda bawa kemana-mana untuk membuat kopi kelas coffee shop. Kami telah menggunakan pembuat kopi yang kuat serta pembuat kopi aeropress 

Hubungan Kerja Yang Lebih Baik

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology menunjukkan bahwa karyawan yang minum kopi memiliki pandangan yang lebih positif tentang diri mereka sendiri dan rekan kerja mereka daripada mereka yang tidak. Tidak hanya itu, mereka juga lebih cenderung berpartisipasi dalam kegiatan kelompok di tempat kerja, dan lebih kolaboratif.

Melindungi Otak Anda

Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Sebuah studi di European Journal of Neurology menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur hanya memiliki sepertiga dari risiko terkena Alzheimer.

Penyakit parkinson disebabkan oleh kekurangan dopamin. Dopamin bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan ke bagian otak yang mengontrol koordinasi dan gerakan . Kopi membantu mencegah hilangnya dopamin ini, yang mengarah pada penurunan kejadian Parkinson antara 32% dan 60%.

Semakin banyak kopi yang diminum orang, semakin rendah risikonya. Selain itu, di mana Parkinson sudah ada, kopi dapat membantu meningkatkan koordinasi motorik, dan mencegah kantuk yang sering dikaitkan dengan penyakit tersebut.

Seperti yang dirujuk oleh artikel BBC ini , efek ini mungkin disebabkan oleh jumlah polifenol yang dikandung kafein , dengan peminum biasa meminum sekitar 1 gramnya setiap hari dari kopi saja. Disarankan agar peminum memilih daging panggang yang lebih ringan, yang mengandung polifenol paling banyak.

Metabolisme Ditingkatkan

Kafein juga dapat meningkatkan metabolisme Anda, membantu menurunkan berat badan, itulah sebabnya ia sering dimasukkan dalam suplemen pembakar lemak . Dalam hal metabolisme, kafein dapat meningkatkannya antara 3% dan 11%. Menurut penelitian ini disebabkan oleh peningkatan epinefrin, juga dikenal sebagai adrenalin, yang berjalan melalui darah ke jaringan lemak, menyebabkan mereka memecah lemak dan melepaskannya ke dalam aliran darah.

Kafein juga dapat meningkatkan fungsi olahraga hingga 12% melalui perpanjangan waktu yang membuat orang merasa mampu berolahraga. Itu bahkan digunakan oleh Pasukan Khusus AS untuk meningkatkan waktu lari.

Ini sangat efektif sehingga beberapa badan pengatur olahraga telah mengeluarkan peraturan tentang jumlah kafein yang dapat dikonsumsi atlet sebelum pertandingan.

Sebuah studi oleh Journal of Pain juga menunjukkan bahwa dua cangkir kopi dapat mengurangi nyeri otot pasca-latihan hingga 48%, membantu pemulihan pasca-olahraga.

Nutrisi Penting Dalam Kopi

Ada nutrisi tertentu yang penting untuk kesehatan yang baik. Menurut penelitian ini, secangkir kopi 240 ml mengandung nutrisi penting berikut:

  • 2% dari volume harian yang direkomendasikan (DV) Vitamin B1 (tiamin) – digunakan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi; sangat penting untuk metabolisme glukosa; dan juga merupakan kunci untuk fungsi saraf, otot dan jantung.
  • 11% dari DV Vitamin B2 (riboflavin) - mempertahankan kadar normal asam amino homosistein, membantu mencegah penyakit jantung.
  • 2% dari DV Vitamin B3 (niacin) - mendukung enzim dalam mengubah makanan menjadi energi dan berperan dalam sinyal sel, dan membuat dan memperbaiki DNA.
  • 6% dari DV Vitamin B5 (asam pantotenat) – membuat sel darah merah; menjaga saluran pencernaan yang sehat; memproses vitamin lain, dan mensintesis kolesterol.
  • 1% dari DV Folat - memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah, dan sangat penting dalam kehamilan untuk mengembangkan tabung saraf bayi.
  • 2% dari DV Magnesium - dibutuhkan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh, termasuk menjaga fungsi saraf dan otot, kekuatan tulang, dan detak jantung yang konsisten.
  • 3% dari DV Mangan - membantu membentuk jaringan ikat, tulang, dan faktor pembekuan darah; penting untuk fungsi otak dan saraf; dan berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, dan pengaturan gula darah.
  • 1% dari Fosfor DV - untuk pembentukan tulang, gigi, sel dan jaringan; berperan penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat.
  • 3% dari DV Kalium - mengatur keseimbangan air dan asam basa dalam darah dan jaringan, plus mendukung pertumbuhan dan pembentukan otot.

Studi lain dari Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa kopi juga mengandung hingga 1,8g asupan harian yang direkomendasikan 20-38g serat, membantu Anda tetap sehat dan teratur.

Manfaat Antioksidan Pada Kopi

Antioksidan juga penting untuk kesehatan yang baik. Ini adalah zat yang melindungi sel dari radikal bebas, atau molekul yang dihasilkan saat tubuh memecah makanan, atau saat terpapar zat berbahaya, seperti asap tembakau dan radiasi.

Antioksidan membantu melawan peradangan, yang merupakan penyebab mendasar dari banyak kondisi kronis, seperti radang sendi. Meskipun proses metabolisme ini alami, mereka dapat menyebabkan stres yang berkontribusi pada kondisi kronis ini. Antioksidan juga dipercaya berperan dalam mencegah kanker.

Sebuah studi di Amerika oleh Joe Vinson, PhD, menunjukkan bahwa kopi adalah sumber utama antioksidan dalam diet AS, dengan kopi berkafein dan tanpa kafein memiliki manfaat yang sama. Biji kopi yang belum diproses mengandung sekitar 1.000 antioksidan, dan ratusan lainnya berkembang selama proses pemanggangan.

Asam klorogenat adalah antioksidan penting yang ditemukan hampir secara eksklusif dalam kopi, yang dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan kerusakan retina.

Ini Melindungi Terhadap Masalah Gigi

Kopi telah terbukti meningkatkan kesehatan gigi. Sebuah penelitian di Brasil menunjukkan bahwa kopi hitam yang kuat membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, meskipun menambahkan susu atau gula meniadakan manfaat ini.

Selain itu, penelitian longitudinal terhadap lebih dari 1.100 pria selama periode tiga puluh tahun menunjukkan bahwa kopi membantu mencegah penyakit gusi.

Kopi Mengurangi Kemungkinan Diabetes

Diabetes tipe 2 menjadi semakin umum, terutama di dunia Barat. Diabetes Tipe 2 dapat dikaitkan dengan usia, berat badan, atau genetika dan disebabkan oleh produksi insulin yang tidak mencukupi, atau resistensi terhadap insulin yang diproduksi.

Sejumlah penelitian, seperti yang satu ini , telah menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko terkena Diabetes Tipe 2 hingga dua pertiga. Sebuah meta-studi dari delapan belas penelitian lain yang melibatkan hampir setengah juta orang, menunjukkan bahwa setiap cangkir kopi dikaitkan dengan penurunan risiko sebesar 7%.

Dipercaya bahwa kopi mengurangi risiko dengan membantu tubuh menggunakan insulin dan melindungi sel-sel penghasil insulin; mencegah kerusakan jaringan; dan mencegah peradangan. Asam caffeic, komponen kopi, telah terbukti sangat signifikan dalam mencegah penumpukan fibril amiloid. Menariknya, ini adalah salah satu area di mana kopi tanpa kafein mungkin lebih bermanfaat daripada kopi biasa.

Kopi dapat Melindungi Terhadap Asam Urat

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko asam urat. Sebuah penelitian terhadap hampir 90.000 perawat wanita selama periode 26 tahun menemukan korelasi positif antara minum kopi dan penurunan risiko asam urat, dengan kedua kafein dan tanpa kafein memiliki efek yang sama. Empat atau lebih cangkir kopi per hari mengurangi risiko sebesar 57%, sementara hingga tiga cangkir setiap hari menguranginya sebesar 23%.

Ada hasil yang sama ketika datang ke pria, meskipun mereka perlu mengkonsumsi lebih banyak untuk efek yang sama. Pria yang minum empat hingga lima cangkir per hari mengurangi risikonya hingga 40%, dan minum enam cangkir atau lebih hingga 60%.

Studi menyimpulkan bahwa sifat antioksidan dapat mengurangi kadar insulin, yang mengurangi tingkat asam urat, penyebab umum asam urat.

Kopi Dapat Melindungi Hati Anda

Hati Anda sangat penting untuk kesehatan yang baik. Ia melakukan ratusan fungsi dalam tubuh Anda, termasuk membuang racun dari darah Anda. Jika tidak dirawat, dapat berkembang sirosis, yaitu ketika hati menjadi massa jaringan parut, yang mencegah fungsi hati.

Telah dibuktikan bahwa peminum kopi mengurangi risiko sirosis hingga 84% . Mereka yang minum setidaknya empat cangkir sehari adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk mengembangkan sirosis.

Kanker hati adalah penyakit lain yang dapat dicegah dengan kopi. Kanker hati adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker secara global. Sebuah meta-analisis studi epidemiologi yang melibatkan lebih dari 240.000 orang menunjukkan bahwa minum hanya dua cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kanker hati sebesar 43%.

Manfaat Kopi Dapat Melindungi Hati

Sebuah penelitian di Belanda yang menganalisis data dari lebih dari 37.000 sukarelawan selama periode 13 tahun menemukan bahwa mereka yang minum antara dua dan empat cangkir setiap hari memiliki risiko penyakit jantung 20% ​​lebih rendah. Diyakini bahwa ini dicapai melalui kopi yang melindungi terhadap peradangan yang menyebabkan kerusakan arteri.

Melindungi Dari Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat melindungi terhadap berbagai jenis kanker. Pada pria, itu menunjukkan bahwa mereka cenderung mengembangkan kanker prostat agresif. Pada wanita, mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih mengurangi risiko kanker endometrium hingga seperempatnya.

Tampaknya juga ada hubungan antara penurunan tingkat kanker hati, usus besar, payudara dan dubur juga. Hal ini diyakini karena polifenol dalam kopi mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan beberapa tumor.

Umur Panjang Yang Lebih Besar

Mengingat semua faktor di atas, tidak mengherankan jika peminum kopi memiliki harapan hidup yang lebih besar. Sebuah studi longitudinal yang berlangsung 13 tahun dan melibatkan lebih dari 400.000 orang berusia 50-71 tahun menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi menurunkan risiko kematian, dengan wanita yang minum 4-5 cangkir mengurangi risiko mereka sebesar 16%, dan pria sebesar 12%.

Esensi Dari Kopi Yang Baik

Tentu saja, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dengan baik ketika memikirkan manfaat kesehatan dari kopi. Kualitas kopi bervariasi dan seperti apa pun yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, Anda harus menyadari kualitas kopi yang Anda konsumsi.

Ada beberapa hal yang dapat berdampak pada kualitas biji kopi yang Anda gunakan - Pastikan Anda membeli biji kopi atau kopi bubuk dari tempat yang sah, Anda bisa mendapatkan kopi yang cukup bagus dari supermarket lokal Anda tetapi jika Anda mencari sesuatu yang istimewa, Anda perlu mencari pemanggang roti lokal yang layak karena di sinilah Anda akan menemukan sesuatu yang istimewa kopi - sudah diketahui bahwa kesegaran kopi bubuk Anda berdampak pada kualitas kopi yang akan Anda minum memastikan Anda berinvestasi dalam penggiling kopi yang baik akan sangat membantu Anda dalam hal ini. Ada penggiling kopi manual seperti ini atau ada penggiling kopi burr yang lebih khusus Mesin yang membuat kopi - Tergantung pada anggaran Anda dan seberapa bersemangat Anda dengan kopi, Anda dapat berinvestasi dalam mesin kopi yang akan membuat semua perbedaan pada jenis kopi yang Anda minum. Saya memiliki pembuat kopi Aeropress atau jika Anda memiliki uang tunai, sesuatu seperti mesin kopi Sage Barista Express . Ada juga mesin kopi bean to cupyang sedikit lebih mahal tetapi akan menghasilkan kopi segar yang enak.

Mesin pod kopi juga bagus dan Bosh Tassimo Vivi 2 adalah salah satu yang paling populer di pasaran. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pembuat kopi portabel , silakan lihat artikel ini yang mengulasnya

Kunci utama di sini adalah bahwa kualitas selalu lebih baik daripada kuantitas dalam hal kopi dan dampaknya terhadap kesehatan Anda.

Peningkatan Konsumsi Kalori

Kopi itu sendiri rendah kalori. Namun banyak orang menambahkan gula dan susu, dan bahkan krim ke kopi mereka. Seiring waktu, kalori ini bertambah dan dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, terutama di mana peminumnya lebih suka kopi yang lebih manis dan minum kopi dalam jumlah banyak.

Kafein Dan Kehamilan

Disarankan agar ibu hamil membatasi asupan kopi dan kafein . Hal ini karena kafein adalah stimulan, yang dapat meningkatkan tekanan darah, sesuatu yang bisa berbahaya pada kehamilan.

Seperti halnya apa pun yang dikonsumsi selama kehamilan, kopi akan melewati plasenta dan dapat memengaruhi janin, yang tidak dapat memetabolisme kafein dengan baik. Pada kehamilan selanjutnya juga dapat mempengaruhi pola tidur dan pola gerak normal bayi, membuatnya tetap terjaga saat seharusnya mengembangkan pola tidur.

Studi pada hewan telah menunjukkan bahwa kafein dapat memiliki efek merugikan pada janin, seperti menyebabkan cacat, atau persalinan prematur. Namun, tidak ada studi konklusif tentang manusia. Namun, mungkin lebih baik untuk berhati-hati, dengan para ahli merekomendasikan bahwa wanita hamil membatasi asupan mereka tidak lebih dari 200mg per hari.

Kopi Tanpa Kafein

Seperti yang telah dibahas, kopi tanpa kafein memiliki banyak manfaat yang sama dengan kopi biasa, dan tidak memiliki beberapa efek negatif. Namun, perlu diingat bahwa kopi tanpa kafein dibuat dengan membilas biji kopi dengan pelarut kimia. Ini mengurangi tingkat antioksidan , serta kafein.

Berbagai Jenis Kopi Dan Nutrisi

Kopi tersedia dalam berbagai bentuk: biji utuh, pra-giling, dan beku-kering. Untuk menjaga kondisi terbaik kopi Anda, kopi harus selalu disimpan di tempat yang kering – dan sebaiknya dalam wadah kedap udara.

Dalam hal nutrisi, kopi hitam organik segar (baik biji atau bubuk) adalah yang terbaik karena mengandung tingkat nutrisi tertinggi.

Kesimpulan

Seperti kebanyakan hal, dalam hal konsumsi kopi, ada dua sisi cerita. Kopi dapat memiliki efek positif dan negatif pada kita, tetapi, secara keseluruhan, manfaatnya lebih besar daripada kerugiannya, dengan banyak efek negatif yang berlangsung hanya dalam waktu singkat.

Faktanya, pedoman diet USDA untuk tahun 2015 menyarankan minum kopi untuk kesehatan yang lebih baik. Ini adalah berita bagus bagi peminum kopi, yang dapat menikmati kopi favorit mereka dengan hati nurani yang bersih.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kopi Bagi Kesehatan: Apakah Kopi Baik Atau Buruk Untuk Anda?"